Sejarah Akbid Alifah Padang


Senin, 28 November 2016 | 19:27:49 |Dibaca : 432 Pembaca
about img

Pembangunan kesehatan merupakan bagian terpadu dari pembangunan nasional, yang antara lain mempunya tujuan untuk mewujudkan bangsa yang maju dan mandiri serta sejahtera lahir dan batin. Salah satu ciri bangsa yang maju adalah bangsa yang mempunyai derajat kesehatan yang tinggi dengan mutu kehidupan yang tinggi, serta mempunyai kejiwaan yang menopang dan mendorong kreatifitas. Oleh karena itu, pembangunan manusia seutuhnya yang mencakup aspek jasmani dan kejiwaan termasuk aspek spiritual, kepribadian dan kejuangan yang ditujukan untuk mewujudkan manusia yang sehat, cerdas dan produktif serta mempunyai daya juang yang tinggi.

Pelayanan kesehatan yang berkualitas akan terwujud bila dilaksanakan oleh tenaga kesehatan yang berkualitas dari berbagai jenis. Salah satu jenis tenaga kesehatan yang diperlukan sesuai dengan masalah tersebut di atas adalah tenaga bidan profesional yang diperoleh melalui pendidikan formal.

Tahun 2002 di Sumatera Barat telah berdiri 2 (dua) Akademi Kebidanan, masing-masing di Padang dan Bukittinggi, yang merupakan milik pemerintah dan menerima calon peserta didik dari lulusan Program Pendidikan Bidan A dan Sekolah Perawat Kesehatan. Sedangkan minat lulusan Sekolah Perawatan Kesehatan dan masyarakat secara umum untuk mengikuti pendidikan bidan sangat besar.

Berdasarkan kenyataan tersebut, sebagai perwujudan dari peran serta dalam meningkatkan derajat kesehatan, khususnya penurunan angka kematian ibu melahirkan, maka Yayasan Alifah Padang mendirikan Akademi Kebidanan di Propinsi Sumatera Barat. Cita-cita ini terwujud dengan dikeluarkan izin pendirian Program Diploma III Akademi Kebidanan Alifah melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor : 83/D/0/2002 tanggal 15 Mei 2002, dan saat ini telah diperpanjang izin penyelenggaraan dengan  SK  Dirjen Dikti DEPDIKNAS Nomor : 10379/D/T/K-10/2012.

Seiring bertambahnya daya saing dengan berbagai institusi pendidikan kesehatan lainnya khususnya di kota Padang, Akademi Kebidanan Alifah menyadari pentingnya mutu pendidikan. Untuk meningkatkan mutu pendidikan serta mmnuhi tuntutan Stekholders, Akademi Kebidanan Alifah terus berupaya meningkatkan serta mengembangkan sarana dan prasarana serta tenaga penunjang demi terwujudnya proses pembelajaran yang efektif dan bermutu dalam melahirkan calon bidan yang profesional.

Salah satu wujud Akademi Kebidanan Alifah dalam memperhatikan pentingnya mutu pendidikan, pada tahun 2013 Akademi kebidanan Alifah melakukan Audit Mutu Eksternal yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Negara (BAN-PT). Sehingga Akademi Kebidanan Alifah dinyatakan Terakrditasi “B” dengan nomor : 190/SK/BAN-PT/Ak-XIII/Dpl-III/IX/2013.

Iklan Layanan